Jumat, 14 November 2014

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN PEMASARAN

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN PEMASARAN


Secara garis besar departemen pemasaran disusun oleh beberapa divisi dan sub divisi, seperti yang terlihat pada struktur organigram diatas. Adapun tugas dan wewenang masing-masing bagian adalah:



Departermen Pemasaran

Dipimpin oleh seorang Manajer Pemasaran yang bertanggung jawab kepada Direktur Utama

Tugas:

  • Merencanakan dan merumuskan kebijakan strategis yang menyangkut pemasaran.
  • Memonitoring dan mengarahkan proses-proses diseluruh divisi direktorat pemasaran.
  • Melakukan koordinasi strategis antar direktorat
  • Memberikan masukan pada direktur utama dalam memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran.
Wewenang:

  • Menetapkan pedoman harga barang dan jasa
  • Menetapkan dan mengevaluasi upaya strategis dan kebijakan pemasaran serta pengadaan barang dan jasa
  • Menetapkan sistem pengendalian hasil produksi serta bahan baku dan pelengkap



Divisi Penjualan

Dipimpin oleh seorang Asisten Manajer Penjualan yang bertanggung jawab kepada Direktur Pemasaran dan membawahi Sub Divisi Order Penjualan dan Pengiriman.

Tugas:

  • Mengkoordinir penjualan agar memenuhi target
  • Menyusun rencana penjualan
  • Mengikuti dan menganalisa perkembangan pasar
  • Menganalisa laporan penjualan dan mengadakan evaluasi
  • Memberikan saran dalam rangka peningkatan penjualan
Wewenang:

  • Memberikan kebijakan-kebijakan atas rencana penjualan



Divisi Promosi

Dipimpin oleh seorang Asisten Manajer Promosi yang bertanggung jawab kepada Direktur Pemasaran dan membawahi Sub Divisi Riset Pasar dan Promosi.

Tugas:

  • Bertanggungjawab atas kegiatan pemasaran
  • Menerima dan memahami setiap keluhan pelanggan
  • Membuat rencana “costumer visit” dan “costumer call” untuk period tertentu
Wewenang:

  • Menetapkan cara mempromosikan barang ke pelanggan



Sub Divisi Order Penjualan

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Order Penjualan yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Penjualan dan membawahi beberapa staff di Divisi Order Penjualan.

Tugas :

  • Membuat faktur penjualan
  • Mencatat order yang diterima dari pesanan
  • Membawa dokumen order penjualan ke bagian otorisasi kredit
Wewenang :

  • Memverifikasi order langganan mencakup data pelanggan secara lengkap
  • Mengotorisasi pengembalian barang oeh pelanggan dengan cara membuat memo kredit



Sub Divisi Pengiriman

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Pengiriman yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Penjualan dan membawahi beberapa staff di Divisi Order Penjualan.

Tugas:

  • Menyerahkan barang yang dipesan sesuai dengan mutu, kuantitas, spesifikasinya sesuai dengan yang tercantum dalam tembusan faktur penjualan kartu kredit yang diterima dari penjual.
Wewenang:
  • Mengotorisasi dalam membuat nota pengiriman



Sub Divisi Riset Pasar

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Riset Pasar yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Promosi dan membawahi beberapa staff di Divisi Riset Pasar.

Tugas:

  • Untuk mengetahui seberapa besar kekuatan para pesaing usaha yang akan dihadapi oleh pebisnis
  • Mencari informasi mengenai harga,kuantitas,kualitas barang.
Wewenang:

  • Menentukan para pesaing usaha sehingga mengetahui kelemahan dan kelebihan  guna mendapatkan keuntungan



Sub Divisi Promosi

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Promosi yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Promosi dan membawahi beberapa staff di Divisi Promosi.

Tugas :

  • Mengajukan anggaran biaya produksi kepada departemen promosi
  • Melaksanakan progam promosi yang disetujui oleh departemen promosi
  • Mengusulkan progam-progam promosi
Wewenang:

  • Menentukan sarana-sarana dalam mempromosikan produk
  • Mengusulkannya ke departemen promosi
  • Menentukan pemasangan iklan terkait promosi produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar