Berikut merupakan tugas dan tanggung jawab departemen HRD PT Kaktus Berduri
Struktur organisasi departemen HRD PT Kaktus Berduri (PT KB) yaitu sebagai berikut:
Berdasarkan Struktur Organisasi masing-masing posisi memiliki tugas dan tanggung jawab. Maka Job Deskripsi nya adalah
HRD ( Human Resources of Development ) Manager
HRD (Human
Resources of Development) Manager ini mempunyai fungsi dan
lingkup pekerjaan yaitu :
- Bertanggung
jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu
dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya
manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada
kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
- Bertanggung
jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan
pembinaan government & industrial serta mempunyai
kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
Sedangkan
uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah sebagai
berikut:
- Menyusun,
merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara
efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran
hasil kegiatan
- Bertanggung
jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
- Melaksanakan
seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap
perlu.
- Melaksanakan
kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan
dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan
sesuain dengan standard perusahaan.
- Bertanggung
jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi
karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.
HRD ( Human Resources of
Development ) Recruitment
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
- Bertanggung
jawab dalam membantu dan melaporkan kepada HRD (Human Resources Of
Development) Managerdalam bidang hiring &
firing tenaga kerja.
- Menyusun
prosedur seleksi recruitment karyawan baru.
- Melakukan
koordinasi ke departemen lain untuk mengumpulkan rencana permintaan
karyawan setiap tahun dan membuat status data karyawan dan turnover setiap
bulan dari masing-masing divisi.
- Memasang
iklan lowongan kerja, melakukan sortir lamaran, melakukan tes psikologi
dan interview awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai.
- Merekomendasikan
kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta
mengatur jadwal interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses
rekrutmen dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.
- Menyiapkan
perjanjian kerja dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa
berlakunya kontrak kerja.
- Menginput
data karyawan dan ke sistem agar semua terdata dengan baik
- Membuat
laporan rekapitulasi mutasi, promosi dan status karyawan (tambahan anak,
menikah, berhenti).
General Affair Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
- Mendukung seluruh kegiatan
operasional kantor dengan melakukan proses pengadaan seluruh peralatan
kebutuhan kerja (seperti; ATK, komputer, meja/kursi kerja, AC, dst),
maupun sarana atau fasilitas penunjang lain (seperti; kendaraan
operasional, office boy, satpam, operator telpon, dst.) dengan cepat,
akurat/berkualitas serta sesuai dengan anggaran yang ditentukan.
- Melakukan analisa kebutuhan anggaran
atas pengadaan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan sarana penunjang
aktivitas kantor untuk kemudian diajukan kepada bagian keuangan dan
manajemen perusahaan untuk dianggarkan dan disetujui. Melakukan aktivitas
pemeliharaan atas seluruh fasilitas dan sarana penunjang, serta melakukan
proses penggantian atas fasiltias/sarana penunjang yang rusak.
- Membina hubungan dengan para
vendor atau supplier barang dan jasa fasilitas/prasarana kantor serta
membantu dalam menangani komplain atas vendor/supplier termasuk tindak
lanjut atas penanganan nota pembayaran/invoice maupun kontrak kerja dengan
pihak terkait.
- Membuat, menjalankan dan
mengembangkan sistem kerja/prosedur atas pengadaan dan pemeliharaan
fasilitas penunjang kerja.
- Melakukan survei tingkat kepuasaan
atas pelayanan yang diberikan kepada seluruh karyawan/unit dalam
perusahaan untuk tujuan peningkatan kualitas/mutu, ketepatan dan kecepatan
pelayanan yang diberikan.
- Menyiapkan laporan bulanan untuk
keperluan rapat anggaran, laporan keuangan atas aset dan beban biaya
kantor.
Non Material Warehouse Staff
Tugas
Pokok dan Tanggung jawab:
- Melakukan
kontrol stock barang-barang keperluan kantor, seperti
ATK, Alat Kebersihan, dsb.
- Bertangung
jawab atas keluar masuknya barang- barang keperluan perusahaan, seperti
ATK, Alat Kebersihan, dan barang-barang yang dibutuhkan baik untuk
keperluan dalam maupun luar kantor.
Compensation and Benefit
Supervisor
Tugas
Pokok dan Tanggung jawab:
- Menganalisis
dan mengembangkan sistem remunerasi di perusahaan sebagai rekomendasi
untuk meningkatkan motivasi karyawan dan mendukung pencapaian target
kinerja perusahaan.
- Memaintain
dan memverifikasi data / pencatatan kehadiran pekerja, Surat Perintah
Kerja Lembur, shift, cuti, training, dinas dan medical sehingga dapat
dipakai sebagai dasar yang benar dalam membayarkan kompensasi dan benefit
(salary, allowance, incentive, iuran pensiun/asuransi)
- Melakukan
proses payroll berdasarkan data yang benar sehingga pembayaran gaji dapat
dilakukan dengan jumlah yang benar dan tepat waktu
- Memverifikasi expense
report yang diajukan pekerja atas perjalanan dinas, cuti, medical,
training, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
- Memproses administrasi perjalanan
dinas didalam dan diluar negeri (reservation, advance, formalitas), sehingga
perjalanan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan lancar.
- Memaintain fasilitas perusahaan
(perumahan, kendaraan, telepon, komputer) sesuai dengan policy dalam
rangka program retensi dan peningkatan produktivitas pekerja
- Menyelenggarakan administrasi
pensiun / asuransi / pajak dan pengakhiran pekerja sesuai dengan
ketentuan, agar setiap proses pembayaran dilaksanakan dengan benar &
tepat waktu.
Payroll Staff
Uraian
tugas :
- Melakukan
proses pengambilan cuti tahunan dan mempersiapkan laporan-laporannya.
- Melakukan
proses pengambilan “Day Off Payment”, tukar “Day Off” dan
tukar shift karyawan.
- Melakukan
perhitungan “meal coupon” karyawan.
- Membantu
HRD (Human Resources of Development) Administrator dalam
pengarsipan dan pembuatan surat-surat.
Welfare Staff
- Mengajukan
dana untuk penggantian obat rawat jalan setiap 2 kali seminggu, bagi
karyawan yang telah menyampaikan resep pengobatan dari dokter.
- Membuat
laporan dana iuran Pensiun / astek setiap bulan.
- Memeriksa
dan mendata ijin sakit karyawan.
- Mengurus
administrasi ke asuransi / rumah sakit.
Trainning & Development
Supervisor
- Melakukan
proses trainning new comer.
- Melakukan
proses trainning motivasi kepada seluruh karyawan setiap 1 tahun sekali.
- Melakukan
proses trainning sesuai dengan masing-masing departemen.
- Menyiapkan
segala administrasi yang berhubungan dengan trainning.
- Mendata
karyawan yang butuh trainning khusus.
- Membuat
laporan rekapitulasi pelaksanaan training dan evaluasi pelaksanaan untuk
dikirimkan ke direksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar